Thursday 20 October 2016

Perbedaan Laptop,Notebook dan Netbook

Perbedaan Laptop,Notebook dan Netbook

Seiring dengan berkembangnya negara maju, seiring pula perkembangan teknologi masa kini. Anda dapat lihat dari mulai adanya komputer PC yang sedikit memakan ruangan hingga kini adanya komputer jinjing yang biasa disebut laptop. Dirasa atau tidak, perkembangan teknologi saat ini lebih mendasar pada ukuran dan kualitas. Semakin lama ukuran gadget atau perangkat keras semakin kecil dan semakin canggih.
Berikut ini perbandingan antara Laptop,Notebook dan Netbook sebagai panduan Anda dalam memilih.

LAPTOP

Laptop merupakan suatu perangkat gadget pengganti PC desktop. Laptop merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil, membuatnya lebih efisien untuk dibawa kemana saja. Dalam hal kinerja, laptop memiliki kinerja yang sama baiknya dengan PC  desktop. Kelebihannya ialah laptop memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, compatible dangan berbagai hardware. Kekurangan dari laptop ialah beratnya yang berkisar antara 3-4kg, dan daya tahan baterainya yang mudah habis. Harga dari laptop relative sedikit lebih mahal daripada PC desktop.

NOTEBOOK

Istilah Notebook dapat diartikan sebagai buku catatan, yang berarti perangkat tersebut sangat mudah untuk digunakan sebagaimana Anda menulis sebuah buku catatan. Dalam hal ukuran, Notebook memiliki ukuran yang ralatif lebih kecil dibandingkan dengan Laptop. Karena ukurannya yang lebih kecil itulah notebook lebih nyaman dan mudah untuk dibawa menjadi keunggulan notebook. Notebook memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya tahan baterainya yang lebih awet dan ringan. Kekurangan dari notebook ialah terletak pada keterbatasan fitur yang dapat disematkan di dalamnya. Selain itu, notebook tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD sehingga harus perlu perangkat tambahan yang disebut DVD eksternal.

NETBOOK

Netbook memiliki spesifikasi yang jauh dengan laptop atau notebook. Perbedaanya cukup signifikan apabila dibandingkan dengan laptop dan notebook. Sehingga netbook tidak bisa disejajarkan dengan laptop dan notebook dalam segi fungsi dan spesifikasi. Komputer portable yang satu ini hanya memiliki ukuran layar sekitar 8 hingga 12 inchi. Keunggulannya pada daya tahan baterai yang lebih lama. Netbook biasanya digunakan hanya untuk keperluan internet dan multimedia.

Untuk Membedakan Antara Notebook dengan Netbook

1. Dari segi ukuran dan berat

Netbook lebih kecil dibandingkan Notebook dengan ukuran yang berkisar hanya 8 hingga 10 inchi dan berat yang berkisar hanya 1kg-an Sedangkan notebook atau laptop biasa memiliki ukuran mulai dari 10 hinga 17 inchi.

2. Spesifikasi

Sedangkan untuk spesifikasinya, netbook lebih standar dibanding dengan notebook, yang mana spesifikasinya lebih tinggi. Selain itu, netbook tidak terdapat dvd rom sedangkan notebook ada.

3. Dari segi harga

Dari harga sudah sangat jelas pasti terdapat perbedaan. Harga netbook tentu lebih murah karena lebih kecil dan spesifikasi pada netbook bisa dibilang rendah. sedangkan hara notebook lebih mahal karena memiliki keunggulan yang lebih mulai dari bentuk fisik dan juga spesifikasi didalamnya.

4. Dari segi performa dan ketahanan

Untuk performa sendiri tentu notebook jauh lebih handal dibanding dengan netbook yang lebih kecil. Penyebabnya dikarenakan spesifikasi yang mungkin jauh berbeda diantara keduanya. contohnya notebook mampu berprocessor hingga core i7, sedangkan netbook baru intel atom walaupun saat ini sudah terbdapat yang dualcore. Untuk ketahanan jelas yang besar yang lebih tahan lama pastinya.

5. Dari segi kenyamanan

Jika kita bicara mengenai kenyamanan, pasti kita menngarah dalam dua hal. Misal nyaman untuk bekerja, pasti anda lebih memilih Notebook dibandingkan Netbook yang mana Notebook memiliki spesifikasi jauh lebih tingga sehingga mampu membantu memproses pekerjaan kita dengan cepat. Tetapi jika berbicara nyaman untuk bepergian tentunya Netbook lebih menjadi pilihan anda. Sebab Netbook lebih ringan dan lebih kecil sehingga mudah dibawa kemanapun anda pergi.

Itulah beberapa perbedaan yang jelas antara Notebook dengan Netbook. Nah setelah mengetahui beberapa perbedaan mendasar dari keduanya tentu anda sudah tidak bingung lagi bila ingin memilih mana yang baik dan pas untuk anda miliki. Mudah-mudahan informasi tentang perbedaan Notebook dan netbook ini bermanfaat..

Berikut adalah referensi merek untuk Anda yang ingin membeli laptop notebook terbaik :


  • Dell

Merek ini memiliki banyak pilihan menarik dan baterai yang dikenal tahan lama.


  • Apple

Laptop produksi Apple ini dikenal dengan nama macbook. Macbook memiliki performance yang tinggi dan tahan terhadap virus


  • Sony

Performa yang tinggi dan stabil merupakan kelebihan dari produsen laptop Sony


  • Hewlett Packard (HP)

Produk HP merupakan produk yang terkenal dapat diandalkan, tahan lama dan terjangkau.


  • Toshiba

Toshiba merupakan produk keluaran Jepang yang sukses diseluruh penjuru dunia. Konsumsi power yang relative baik dan stabil disbanding merk lain.


  • Acer

Saat ini jik Anda membutuhkan Laptop murah dan ekonomis, maka Acer merupakan pilihan yang tepat


  • Asus

Asus biasanya direkomendasikan karena memiliki fitur multimedia dan entertainment yang sangat bagus. Biasanya asus banyak direkomdasikan bagi para penggemar game.


  • Compaq

Segala fitur dari Compaq merupakan fitur yang handal dan tahan lama

Mungkin bagi Anda masih bingung memilih antara laptop dan notebook. Ada banyak segi yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Pemilihan laptop dan notebook tergantung pada kebutuhan Anda sehari-hari. Jika Anda memerlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan piranti yang lengkap, maka pilihlah laptop. Namun jika Anda hanya membutuhkannya untuk keperluan mobile, dan trend maka tak ada salahnya mencoba Notebook.
Load disqus comments

0 comments